Hi, guest ! welcome to Yahoo!. | About Us | Contact | Register | Sign In

Thursday, November 5, 2015

PGN dan Pemanfaatan Energi Gas Sebagai Energi Alternatif

Pemanfaatan gas alam yang dikelola oleh BUMN Gas PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) baik pada sektor transportasi, industri maupun rumah tangga dapat mengurangi tingginya impor bahan bakar minyak yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia saat ini, belum lagi nilai tukar rupiah yang terus melonjak sehingga berdampak pada pemasukan pemerintah dan perekonomian masyarakat Indonesia, sehingga sangat perlu dilakukan pemanfaatan energi gas yang sangat berlimpah di indonesia yang belum begitu dirasakan oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.
PGN mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 km, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik; industri; usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit; serta rumah tangga di wilayah-wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia. PGN mendapatkan keuntungan dari penjualan gas kepada konsumen.
 Berbicara masalah tentang energi sangat baik bila diikuti dengan lingkungan, karena energi sesaat setelah penggunaannya dapat berdampak langsung pada masyarakat sekitar dan lingkungan sehingga perlu dilakukan kajian yang benar dan baik. Selain harga gas yang murah, kadar gas racun yang keluar akibat setelah proses pembakaran lebih rendah dari pada bahan bakar minyak sehingga merupakan bahan bakar yang bersih dan ramah lingkungan.  
Upaya pemanfaatan energi gas PGN sebagai pengganti bahan bakar minyak dengan bahan bakar gas berperan besar untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor, bahkan telah ditemukan energi gas alternative lainnya yang berasal dari batu bara, endapan batuan shale yang dapat menghasilkan gas alam, jika sudah tidak bergantung dengan bahan bakar impor kemudian industri Indonesia semakin mandiri dan kuat begitu juga nilai tukar uang rupiah ikut kuat.
Tujuan energi nasional juga harus sesuai dan berpihak kepada masyarakat Indonesia, belajar dari ekspor bahan bakar minyak kemudian berbalik impor dan menjadi ketergantungan sampai saat ini, sekarang juga masih ekspor bahan bakar gas, namun suatu saat tidak menutup kemungkinan Indonesia akan berbalik impor karena sumur-sumur gas telah habis ditambah lagi jika pipa-pipa penyalur masih juga belum tersedia semakin terpuruklah Indonesia.
Pemerintah dan masyarakat bersama-sama menyatukan pemahaman untuk menggunakan energi seperti apa yang dibutuhkan Indonesia untuk mandiri dan tidak bergantung terhadap bahan bakar minyak, pemerintah juga memberikan kebijakan agar untuk beralih terhadap penggunaan bahan bakar gas yang disalurkan langsung melalui pipa-pipa penyalur yang telah disediakan.
Tujuan energi nasional juga tidak hanya berpihak pada masyarakat Indonesia melainkan juga lingkungan di sekitar, karena lingkungan juga ikut campur dalam menjaga keseimbangan di masa depan dan menjaga lingkungan tetap bersih dan indah.
 Artikel ini Disumbangkan untuk situs : http://www.energibaik.com/
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))